Tag

, , ,

BURUNG MACAW YANG EKSOTIK DAN CERDAS

 https://i1.wp.com/www.10topten.com/wp-content/uploads/2012/02/Macaw-Parrot.jpg
Sumber : Olvista.com
Burung macaw adalah jenis burung yang indah, berwarna cerah anggota keluarga burung nuri (parrot). Burung macaw mempunyai hubungan kekerabatan yang dekat dengan burung parkit dan burung kakaktua.
Umumnya macaw berbulu cerah. Beberapa spesies hanya dapat dibedakan oleh orang awam dari warnanya. Pewarnaan ini menjadikannya kontras dengan pemandangan di hutan hujan tropis dengan kanopi hijau dan buah-buahan serta bunga berwarna-warni.
ANATOMI
Burung macaw memiliki paruh besar yang kokoh, cocok untuk memecah kacang-kacangan atau biji-bijian, sementara lidahnya yang kuat, kering, dan permukaannya kasar menjadi sebuah alat yang efektif untuk mengorek buah-buahan atau biji-bijian keras.
Macaw juga memiliki jari-jari kaki mencengkeram yang digunakan untuk berpegangan ke cabang dan untuk mengambil, memegang, dan memeriksa makanan. Ekornya anggun yang biasanya sangat panjang.
Macaw terbesar adalah macaw hyacinth yang mencapai panjang 1 meter (dari ujung paruh sampai ujung ekor). Burung macaw terkecil adalah macaw bahu merah atau macaw Hahn, yang panjangnya hanya sekitar 30 cm.
 
HABITAT
Di alam, burung macaw terdapat di hutan hujan tropis dan savana (padang rumput) Amerika Tengah dan Amerika Selatan khususnya di Meksiko, Bolivia, Brazil, Panama, dan Paraguay.
OMNIVORA
Burung macaw adalah hewan omnivora. Omnivora artinya pemakan tumbuhan dan hewan. Makanan burung macaw berupa buah-buahan, kacang-kacangan, serangga, dan siput. Beberapa spesies juga makan tanah lembab, yang dapat membantu untuk menetralkan bahan kimia dalam buah-buahan yang dimakannya.
HEWAN YANG CERDAS
Macaw termasuk burung yang memiliki inteligensi yang tinggi, ia mudah diajari melakukan aktivitas tertentu sehingga tidak jarang menjadi hewan panggung di kebun binatang maupun dalam sirkus. Beberapa spesies macaw bahkan dapat diajari berbicara menirukan suara manusia.
 https://i1.wp.com/www.maharanizoo.com/cnt/galeri/scaled/Maharani_Zoo_and_Goa_1318843291.jpg
HEWAN YANG RAMAH
Burung macaw juga hewan yang mudah jinak, sehingga burung macaw yang terlatih tidak takut berinteraksi dengan orang asing. Burung macaw juga mudah beradaptasi dengan lingkungan.
HEWAN SOSIAL
Burung macaw adalah hewan sosial yang sering berkumpul dalam kelompok berjumlah 10 sampai 30 ekor. Burung macaw memanggil, berkuak, dan menjerit bergema melalui kanopi hutan. Macaw bersuara untuk berkomunikasi dalam kawanan, menandai wilayah, dan mengidentifikasi satu sama lain.
Kawanan macaw tidur di pohon pada malam hari, dan di pagi hari mereka dapat terbang jauh untuk mencari makanan.
SETIA DENGAN PASANGAN
Macaw biasanya memiliki pasangan seumur hidup. Mereka berpasangan tidak hanya untuk tujuan berkembang biak, tetapi juga saling berbagi makanan dengan pasangan dan menikmati kehidupan bersama. Pada musim kawin, macaw betina menetaskan telur sementara macaw jantan mencari makanan dan membawanya ke sarangnya. Di habitatnya, burung macaw dapat hidup sampai usia 60 tahun.
 https://i1.wp.com/img.antaranews.com/new/2011/12/ori/20111213macaw6x4.jpg
SPESIES
Ada 18 spesies macaw salah satu diantaranya adalah scarlet macaw, dan beberapa spesies macaw terancam punah. Burung lucu ini merupakan hewan peliharaan yang populer, sehingga banyak ditangkap dan diperdagangkan secara ilegal. Hutan hujan sebagai habitat macaw semakin berkurang secara drastis.
Macaw hyacinth, macaw muka merah, dan macaw leher biru sangat terancam punah. Macaw glaucus dan macaw Spix mungkin telah punah di habitat aslinya.
KLASIFIKASI ILMIAH
Berikut adalah klasifikasi ilmiah burung macaw:
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Psittaciformes
Famili: Psittacidae
Genera: Ara, Anodorhynchus, Cyanopsitta, Primolius, Orthopsittaca, dan Diopsittaca